Kamis, 28 Januari 2016

Bus Jemputan PNS Jadi Angkutan Umum

MULAI 25 Januari, bus jemputan untuk pegawai negeri sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta menjadi angkutan umum. Bus tersebut dinilai justru membuat PNS ingin pulang lebih awal sehingga mengganggu jam kerja.

“Iya betul (operasional bus jemputan bagi PNS DKI diberhentikan) mulai 25 Januari,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Heru Budi Hartono, kemarin. Heru menjelaskan ada sekitar 10 bus jemputan PNS di Balai Kota DKI. Sementara itu, di tiap kantor wali kota disebar sekitar 2-3 unit bus. Bus itu berjenis bus single atau berukuran sedang. Bus tersebut diberi nomor di bagian depan dan jendela di sisi kiri atau tepatnya di atas pintu.

Bus berwarna oranye kekuningan itu bertuliskan ‘Enjoy Jakarta’. Selain itu, ada pula bus berukuran lebih besar berwarna putih dilengkapi logo ‘Jaya Raya’. Di bagian badan bus itu bertuliskan ‘Bus Karyawan Pemerintah DKI Jakarta’.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan semula fasilitas bus jemputan tersebut untuk me ringankan PNS. Namun, ternyata itu disalahgunakan dan tidak dimanfaatkan dengan baik. Bahkan ada PNS muda yang justru di-bully saat naik.

“Sekarang busnya mendingan kami tarik buat angkutan umum. Mereka juga naik selama ini enggak bayar kok,” kata Ahok, sapaan akrab Basuki Tjahaja Purnama, di Balai Kota DKI, kemarin.

Bahkan, ungkap Ahok, beberapa pejabat eselon III dan eselon IV juga ikut menggunakan fasilitas tersebut. Padahal, mereka sudah mendapatkan tunjangan yang besar. “Belum lagi yang dibilang oknum pejabat eselon menumpang naik juga, padahal gaji di DKI sudah gede. Makanya lebih baik enggak usah ada bus deh,” kilah Ahok.

Penghentian operasional bus jemputan bagi PNS DKI Jakarta itu diketahui dari Surat Edaran Sekretaris Daerah DKI Saefullah. Di dalam surat itu disebutkan, operasional bus jemputan bagi PNS DKI diberhentikan berdasarkan hasil Rapat Pimpinan Gubernur pada 18 Januari 2016 terhitung mulai 25 Januari 2016. (Ssr/J-3)
Media Indonesia, 23 Januari 2016, Halaman 5

Rental Mobil Pekanbaru Gloria Rent Car