Sabtu, 28 Juni 2014

Festival Wayang Ajak Peduli Warisan Kebudayaan Bangsa

BERBAGAI pementasan wayang, baik tradisi maupun kontemporer, bakal dipertontokan pada para pengunjung di kawasan Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta, mulai kemarin hingga Minggu (15/6).

Pada ajang bertajuk Festival Wayang Indonesia Ke-4 itu sederet dalang seperti Sri Sulansih, Ki Sukarlana, Ki Muadana, Ki Asep Hudaya, Ki Sudarso, Ki Nanang Hape, IG Kompyang Raka, dan Ki Bambang Ook, akan menampilkan keterampilan mereka dalam mendalang.
Ketua Panitia Pelaksana Festival Wayang Indonesia 2014 Sumardi yakin ajang yang diselenggarakan Persatuan Pedalang Indonesia (Pepadi) dan Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (Sena Wangi) bisa menjaring pengunjung di kawasan wisata itu, terutama kalangan generasi muda.

Arahnya, mengajak masyarakat agar peduli pada wayang, terutama wayang golek sunda, wayang kancil, wayang urban revolusi, wayang wong bali, dan wayang orang betawi.

Festival itu sendiri dibuka kemarin secara resmi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo dengan diselingi pementasan
wayang kulit purwa suguhan pedalang Ki Purbo Asmoro.
Selain wayang, festival ini pun diramaikan pameran wayang di Museum Wayang, seminar, workshop, lomba artikel wayang, mewarnai wayang, serta bercerita dan kuis wayang untuk anak SD-SMP. Peserta tidak dipungut biaya untuk menikmati berbagai acara di festival tersebut.

Ketua Pepadi Pusat Ki Eko Sutjipto berharap melalui festival tersebut, tidak hanya masyarakat yang peduli pada wayang, pemerintah pun semakin memperhatikan keberadaan wayang di Indonesia.

‘’Di Austria saja, misalnya, musik (klasik) ditampilkan secara elite di gedung pertunjukan. Perhatian pemerintah di sana kuat.
Inilah yang membuat kami untuk mengajukan wayang masuk pada kurikulum pendidikan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) nantinya,’’ kata Ki Eko.

Dalam festival yang menelan anggaran Rp2 miliar itu, ia juga berharap ajang ini menjadi alternatif bagi masyarakat urban untuk melestarikan warisan budaya khas bangsa Indonesia itu. (Iwa/H-2) - Media Indonesia, 14/06/2014, halaman 11

Rental Mobil Pekanbaru Gloria Rent Car